Jumat, 23 Desember 2011

Suara Rebana Menggetarkan Semesta


Oleh : Syafaat Syareh Syifa
Alhamdulillah, latihan perdana putra angkatan 2011 telah dilaksanakan pada malam Jumat 22 Desember 20011. Para peserta yang hadir cukup banyak meskipun tidak mencapai keseluruhannya yaitu sekitar  20 peserta. Meski awal memegang rebana dan belum bisa menabuh, mereka merasa senang untuk mengikutinya karena baru kali pertama mereka belajar rebana meski ada sebagian yang sudah pernah, serta materi yang disampaikan cukup detil dan jelas karena mereka dibekali materi dasar yang intensif dalam bidangnya yaitu penika dan gerinji (tabuhan yang standar digunakan).
Menurut Arif Jaihan (Koordinator Divisi Rebana) para peserta harus mahir dalam menabuh baik itu tabuhan penika dan gerinji agar lebih fleksibel atau mengantisipasi kosongnya salah satu personil ketika tampil. Namun berbeda dengan pendapat yang diutarakan oleh Bpk. Yusuf (Ketua eL-SiP) bahwa  “seharusnya para peserta secara langsung ditentukan jenis tabuhan yang sesuai dengan minat atau bakatnya karena jika mereka mampu mengetahui jenis tabuhan dari keduanya, dikhawatirkan akan keliru dan tabuhannya akan silang menyilang. Artinya tabuhan penika akan bercampur pada tabuhan gerinji, dan sebaliknya”. tutur bapak Yusuf.
Terkait waktu pelaksanaan latihan memang tidak ditentukan secara langsung oleh koordinator rebana, melainkan ditentukan berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan antara koordinator dan para peserta  pada malam tanggal 21 Desember 2011. Dan jadwal untuk kegiatan lainnya seperti tilwah, sastra dan kaligrafi belum ditentukan karena harus kordinasi terlebih dahulu dengan koordinator  per divisi. tutur Syafaat.
Berikut adalah jadwal latihan rebana yang telah ditentukan berdasarkan hasil musyawarah koordinator dengan para peserta :
Peserta angkatan
Waktu Latihan
Pelatih
Putra 2011
Kamis pukul 20.00-21.30
Arif Jaihan dan Zaimul Arifin
Putri 2011
Minggu pukul 13.00-14.30

Bpk. Yusuf dan Bpk. Syamsul
NB : Bertempat di Gedung MA lantai II. 

Untuk angkatan yang lain jadawal latihan akan menyusul dan ditentukan memasuki awal tahun 2012. Dan berlaku bagi kegiatan latihan yang lainnya. Harapannya para peserta lebih intensif dan istiqomah dalam latihan terutama bagi angkatan sebelumnya karena bukan hanya angkatan baru, melainkan angkatan sebelumnya pun sangat diperhatikan terkait latihan apalagi ketika menghadapi event-event tampilan. Dan para pembimbing akan selalu siap untuk mengembangkan bakat dan minat para peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar